Rabu, 22 September 2010

Cara Setting Modem HSDPA

Beberapa bulan yang lalu, ketika saya pindah dari kota besar ke kota yang kecil, saya mendapat pengalaman mengenai akses internet. Kalau di kota besar ya terbiasa pake layanan internet Speedy dengan kecepatan Up to 1 Mb, tetapi setibanya di kota kecil seperti saat ini, susah sekali untuk akses internet. Speedy sih sudah masuk, tapi masih terbatas, sedangkan kebutuhan untuk menggunakan internet saat mendesak sekali. terpaksa saya mencoba menggunakan modem HSDPA yang sewaktu masih di kota besar modem tersebut sama sekali tidak ingin saya sentuh. Mungkin aksesnya yang masih lambat kali ya..boro-boro buat download, browsing biasa aja sudah menguji kesabaran.
Setelah modem telah ready, saat itu saya belum tau pasti kartu GSM yang mana yang paling bagus buat akses internet, tentu saja dengan harga yang ekonomis. semua kartu GSM saya beli, mulai dari Telkomsel sampai Indosat, Simpati, AS, XL, IM3. setelah satu persatu di coba, masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahan sampai pada akhirnya saya memutuskan memakai Simpati.
Ternyata semua berdasarkan settingan modem saja dan kapasitas layanan kartu GSM tersebut pada setiap kota. Kebetulan di kota ini fasilitas 3G telkomsel sudah diaktifkan sehingga akses internet bisa lancar sehingga kecepatan akses internet bisa melebihi speedy.Mau tau cara settingannya?? Baiklah saya akan mencoba membagi ilmu berdasarkan pengalaman bagaimana cara mensetting Modem HSDPA dengan menggunakan kartu Simpati.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. siapkan modem HSDPA, terserah mereknya apa, tapi disarankan biar awet dan kuat tangkap signal sebaiknya beli saja modem HSDPA merek Vodavone (huawei).
  2. Siapkan kartu Simpati, nomornya terserah pengguna mau beli baru juga tidak masalah.
  3. Kalau kartunya masih baru, daftar terlebih dahulu lalu Aktifkan GPRS kartu simpati tersebut, kemudian isi pulsanya bisa Rp.100.000 bisa juga Rp.50.000.
  4. ketik *363# ,kemudian daftar dengan paket unlimited..ikuti langkah-langkahnya sampai ada sms komfirmasi bahwa paket unlimited anda telah di aktifkan.
  5. setelah itu colok modem HDSPA kamu..setelah interfacenya muncul settinglah terlebih dahulu.
  6. Masukllah di menu Tools-Option-Profil Management.
  7. isi Profil Name = Telkomsel, APN=telkomsel, Username=apn dan passwd=apn123, setelah itu klik save.
  8. setelah itu pilih menu Network, ganti network type dengan WCDMA only kemudian klik save
  9. setelah itu signal akan hilang beberapa saat..tunggu sampai signal muncul kembali dengan status signal WCDMA atau HSDPA dan lampu led pada modem akan berwarna biru.
  10. setelah itu klik Conect dan anda bisa bisa berinternet ria tanpa batas.
  11. selamat mencoba

1 komentar: